Cara Merawat Hardisk Laptop Atau PC

Cara antipasi kerusakan pada Hardisk Anda bisa lakukan sendiri dengan aplikasi default bawahan dari Windows yang terinstal di Computer. Yang tentunya bisa memperpanjang umur HDD apabila dengan rutin perawatan tiap bulan atau sesuai pemakaian. Banyak faktor timbulnya error seperti, Sempitnya partisi pada System, Temperatur dan kuranganya perawatan.

Hardisk merupakan hardware penting di perangkat PC maupun Laptop karena data kita tersimpan didalamnya. Untuk yang baru megenal Laptop biasanya belum paham bagaimana menyimpan data yang aman, Usahakan data penting tersimpan di drive selain di System, Misalnya Local Drive [C] untuk system dimana OS terinstal didalamnya, Local Drive [D] untuk penyimpanan data seperti file musik, video atau data lainya.

Cara Merawat Hardisk Laptop Atau PC


Dengan menyimpan data di primary ‘’D” tersebut diatas apabila System Windows mengalami error data masih bisa diselamatkan lain bila tersimpan diruang drive ‘’C’’ akan susah diselamatkan otomatis apabila error data yang tersimpan didalamnya akan hilang juga.

Kiat merawat atau menjaga Hardisk diantaranya :
•    Bila hendak membeli Computer atau Laptop hendaknya meminta agar hardisk di partisi atau dibagi lebih dari satu bagian, 2 atau 3 partisi itu lebih bagus.
•    Secara default apabila sebuah hardisk telah terinstal [OS] akan tercipta sebuah folder seperti “ Documents, Music, Picture dan Video". Gunakan folder tersebut sebagai penyimpanan sementara apabila di anggap penting lakukan pemindahan ke drive selain System.
•    Sisakan ruang drive system setengah atau maksimal ¼ dari partisi tersebut.
•    Lakukan Defragment satu bulan sekali atau sesuai kebutuhan agar ruang drive kembali segar. Caranya klik kanan pada drive yang akan di defragment misalnya [C] lalu pilih [ Properties] terbuka jendela baru dan klik menu [Tools] tekan [Defragment Now] dan ikuti intuksi selanjutnya.
•    Lakukan Disk Cleanup sebulan sekali atau sesuai pemakaian Laptop atau PC fungsinya yaitu Jika kita klik kanan pada hardisk dan kita pilih properti maka akan terlihat ukuran hard disk kita yang terpakai dan sisanya, dan di bawahnya ada link disk cleanup, jika kita klik akan muncul jendela baru, yaitu Disc Cleanup yang berfungsi untuk membersihkan file-file yang sudah tidak terpakai lagi.  Ada beberapa pilihan terdapat didalamnya misalnya Download program file, Tempotrary internet file yaitu file yang tersimpan selama kita online, Microsoft error reporting temporary files yaitu pesan error dari windows, Recycle bin yaitu tempat file-file yang pernah kita hapus.

Demikian beberapa tip merawat sebuah hardisk Laptop maupun PC, semoga bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Hardisk Laptop Atau PC"

Post a Comment