Cara Mempercepat Kerja Windows 7

Kinerja windows 7 yang lambat karena komputer atau laptop dengan spesifikasi yang minim. Untuk mengatasi hal itu bisa dilakukan dengan non aktifkan fitur yang tak diperlukan atau merampingkan OS tersebut untuk menujang performa kerja komputer.

Cara Mempercepat Kerja Windows 7

Di windows 7 banyak fitur dan efek yang membuat tampilan lebih indah dibanding generasi sebelumnya yaitu XP. Di mana terdapat banyak sekali perbedaan, di lihat dari ukuran filenya saja jauh sekali. Untuk mengoptimalkan sistem tersebut bisa dilakukan antara lain :

•    MatikanVisual efek, Fungsi dari Visual efek digunakan untuk membuat tampilan windows menjadi  Indah, namun Visual efek memiliki pengaruh terhadap performa komputer. Langkah yang dapat ditempuh mematikan visual efek pada windows 7
dengan cara : Klik [Start], Kemudian klik kanan pada [Computer], lalu klik [Properties], klik [Advance system setting], Pilih tab [Advanced], pada bagian [Performance]  klik [Setting]. Di bagian [Visual effects] pilih [Adjust for best performance], Lalu klik [OK]
•    Nonaktifkan aero shake. Fungsi Fitur aero shake adalah meminimize window yang sedang tidak di jalankan. Misalnya membuka beberapa window, jika salah satu window yang aktif  itu di gerakkan, maka secara otomatis jendela yang lainnya akan di minimize. Cara mematikan fitur aero shake: Klik [Start], Lalu ketik gpedit.msc terus tekan tombol [Enter]. Terbuka jendela baru [Local group policy editor] Lalu klik [User Configuration], Klik [Administrative template], Pilih [Desktop], Klik dua kali di [Turn off aero shake windows minimizing mouse gesture], Klik [Enable], Dan tekan [OK].
•    Memtaikan fitur aero snap. Dengan cara Klik tombol [Start], Kemudian Klik [Control Panel],  Setelah itu pilih [Ease of acces], Dan klik [Ease of acces center], Terus klik [Make the mouse easier to use], Centang di [Prevent windows from being automatically arranged when to the edge of the screen], Klik [OK].
•    Startup, Adalah dimana aplikasi terbuka bersamaan ketika kita pertama menghidupkan komputer atau laptop. Matikan aplikasi yang tidak begitu diperlukan. Untuk anti virus biarkan tetap dalam starup. Cara mematikannya sebagai berikut: Klik [Start], Lalu ketik msconfig setelah itu tekan [Enter], Klik tab [Startup], Hilangkan tanda centang aplikasi yang tidak dibutuhkan.Lalu klik [OK].
•    Nonaktifkan gadget. Caranya klik [Start], Ke [Control Panel], Pilih [Programs], Klik [Turn Windows features on or off], Setelah itu buang tanda centang pada [Windows gadget platform],  Kemudian Klik [OK].
•    Optimalkan processor dengan banyak core, lebih baik menggunakan semua core tersebut ketika komputer melakukan booting. Caranya klik [Start], ketik  msconfig  kemudian tekan [Enter], Klik pada tab [Boot] Pilih system operasi windows 7. Klik [Advanced Options], Centang pada [Number of processor] lalu pilih jumlah processor, kemudian klik [OK].
•    Disk Clean Up. Jika melakukan browsing, install dan uninstall aplikasi dari komputer akan menghasilkan registry, cache, cookies baru yang biasanya tidak digunakan. Jika  tidak dibersihkan, maka jumlah file akan makin banyak sehingga akan memakan banyak penggunaan Hard Disk. Cara melakukan Disk Clean Up: Klik [Start], Klik [All Programs], Klik [Accesories], Kemudian klik [System Tools] Setelah itu klik [Disk Clean Up]. Berikan tanda centang pada bagian yang akan di Clean Up. lalu Klik [OK].
•    Defragment Disk. Adalah merapikan file yang berada di hardisk sehingga komputer lebih mudah membaca.Untuk melakukan defragment Disk dapat dilakukan dengan cara berikut: Klik [Start],  [All Programs], [Accesories], [System Tools], Lalu klik [Disk Defragmenter]. Pilih Hard Drive yang ingin anda defrag lalu anda klik Defragment disk, Terutama Drive C.
•    Nonaktifkan System Sound. Untuk mematikan system sound: Klik [Start],  Kemudian ketik mmsys.cpl lalu tekan tombol [Enter]. Pada tab [Sound] kemudian pilih [No Sound], Klik [OK].
•    Nonaktifkan Index Search.  Klik [Start] Kemudian ketik services.msc dan tekan [Enter], Cari [Windows Search] lalu klik kanan, kemudian nonaktifkan service tersebut.
•    Hapus isi folder Prefecth. Buka [Windows Explorer], Dengan cara klik kanan pada [Start] pilih [Open Windows Explorer], Setelah itu [Drive C], Klik [Windows] Kemudian Klik [Prefetch] Hapus seluruh isi yang terdapat di dalam folder prefetch tersebut secara permanen dengun cara memakai kombinasi tombol (Shift + Del). Atau tekan tombol (Ctrl + A), lalu tekan tombol [Delete]

Itulah beberapa langkah untuk mempercepat kinerja windows 7.
> Cara mengatasi tombol huruf tertukar dengan angka pada keyboard Laptop atau PC.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mempercepat Kerja Windows 7 "

Post a Comment